Alisson Becker Jadi Kiper Pertama Yang Raih Samba d’Or

Penjaga gawang andalan Liverpool Alisson Becker, kembali mendapat pengakuan terkait dengan performa apiknya di sepanjang tahun 2019. Kali ini penghargaan didapat Alisson dari negaranya sendiri, Brazil. Dia berhasil meraih penghargaan sebagai pemain terbaik Brazil 2019, atau Samba d’Or. Tak ayal, Alisson jadi kiper pertama dalam sejarah yang memenangkan gelar tersebut.

Memang harus diakui bahwa Alisson Becker tampil bagus di sepanjang tahun 2019 ini, tak hanya bagi Liverpool tapi juga bagi Timnas Brazil. Bersama Liverpool, Alisson meraih gelar Liga Champions musim 2018/2019. Dia juga membawa Liverpool meraih posisi kedua Premier League musim lalu, kemudian meraih gelar Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Di timnas Brazil, Alisson membantu tim Samba meraih gelar Copa America 2019 usai kalahkan Peru di babak final. Tak heran jika yang bersangkutan kemudian mendapatkan raihan suara terbanyak pada gelar Samba d’Or tahun ini. Dia bahkan berhasil mengungguli rekan satu timnya, Roberto Firmino yang mendapat suara terbanyak kedua.

Kemudian, posisi ketiga ditempati oleh kapten Paris Saint-Germain, Thiago Silva, disusul Fabinho yang menghuni peringkat empat. Neymar yang tak bisa bermain di ajang Copa America kemarin karena cedera harus puas finish di posisi kelima. Cedera memang membuat performa Neymar tak tampak menonjol di tahun 2019 kemarin.

Faktanya, sejak pertama kali digelar pada tahun 2008 silam, belum ada penjaga gawang yang memenangkan penghargaan ini, jadi Alisson adalah yang pertama. Kebanyakan penghargaan ini dimenangkan oleh pemain yang berposisi sebagai penyerang. Kaka menjadi pemain pertama yang meraih Samba d’Or. Setelah itu, gelar pemain terbaik Brasil dimenangkan Luis Fabiano dan Maicon.

Sedangkan yang terbanyak meraih penghargaan ini adalah Thiago Silva dan Neymar Jr, dimana keduanya sama-sama mengoleksi tiga gelar Samba d’Or. Tapi Kapten PSG lebih spesial karena meraihnya di tiga edisi beruntun. Adapun, Berikut daftar pemenang Samba d’Or selengkapnya:

2008: Kaka
2009: Luis Fabiano
2010: Maicon
2011: Thiago Silva
2012: Thiago Silva
2013: Thiago Silva
2014: Neymar
2015: Neymar
2016: Philippe Coutinho
2017: Neymar
2018: Roberto Firmino
2019: Alisson