Dukungan Pep Guardiola Untuk Ernesto Valverde

Seiring dengan kegagalan Barcelona meraih gelar pertama mereka di musim ini, posisi manajer Ernesto Valverde mulai jadi perbincangan. Mantan Pelatih Athletic Bilbao tersebut diyakini akan lengser dalam waktu dekat. Terkait isu ini, salah seorang mantan manajer sukses Barcelona, Pep Guardiola memberikan dukungan moril kepada koleganya tersebut.

Barcelona memang mendapati serangkaian hasil yang tak sesuai ekspektasi di sepanjang paruh pertama musim ini. Untungnya, sang rival Real Madrid juga mengalami situasi serupa, sehingga Barcelona tetap berada di puncak klasemen, namun hanya dengan keunggulan selisih gol saja dari Los Blancos. Meski begitu, inkonsistensi performa yang ditunjukkan Messi cs membuat pelatih Ernesto Valverde mulai terpojok.

Situasinya terlihat semakin rumit, tatkala Barcelona tidak bisa berbuat banyak dalam ajang Piala Super Spanyol 2019-20. Mereka dikalahkan Atletico Madrid dengan skor 2-3 pada babak semifinal di Jeddah, Arab Saudi, Jumat (10/1). Kekalahan dan tersingkirnya raksasa Catalan dari ajang tersebut membuat posisi Ernesto Valverde di kursi manajer semakin dipertanyakan kelanjutannya.

Menurut kabar yang terdengar, sejumlah petinggi Barcelona dikabarkan akan melakukan pergantian pelatih dalam waktu dekat. Salah satu nama yang sedang dikaitkan akan segera menggantikan Valverde adalah Xavi. Sebagai informasi, legenda hidup Raksasa Catalan tersebut saat ini sejatinya bekerja sebagai pelatih klub Liga Qatar Al Sadd.

Mengenai situasi yang sedang dialami koleganya tersebut, Pep Guardiola merasa turut prihatin. Dia tahu persis bagaimana tekanan yang dihadapi seorang pelatih di Barcelona, sebagaimana dulu dia pernah bekerja disana selama empat tahun. Memenangkan gelar Liga saja memang tidak cukup bagi raksasa Catalan, namun dia merasa Valverde tak layak dipecat begitu saja.

“Barcelona adalah tempat spesial di mana memenangkan liga saja tidak cukup. Saya merasa tidak enak untuk Ernesto Valverde. Dia tidak pantas menerima ini.” kata Guardiola dilansir Tribal Football.

Terlepas dari itu, sosok yang kini menangani Manchester City tetap melayangkan dukungan kepada Valverde, dia percaya mantan pelatih Athletic Bilbao itu bisa memperbaiki performa Barcelona dan membalikkan keadaan.

“Saya berharap situasinya bisa segera teratasi, saya berharap itu sebagai anggota klub. Itu saja.” Tutupnya.