Italia Dinilai sebagai Produsen Manajer-Manajer Handal

Penilaian itu diakui oleh mantan manajer sukses Manchester City dan Inter Milan, Roberto Mancini. Menurut pandangannya, kesuksesan yang telah diraih sejumlah pelatih Italia di Luar Negeri adalah bukti bahwa Negeri Pasta memang selalu menghasilkan manajer-manajer top.

Italia Dinilai sebagai Produsen Manajer-Manajer Handal

Sejumlah juru taktik asal Italia saat ini menjadi sorotan klub-klub papan atas Eropa, sebut saja Antonio Conte yang belakangan dikaitkan dengan Inter Milan, Real Madrid dan beberapa klub lain. Hal ini membuat orang-orang menilai bahwa Italia adalah negara penghasil pelatih-pelatih Top yang tidak hanya sukses di dalam negeri saja.

Memang harus diakui, Dari beberapa liga top di Eropa, pelatih asal Italia saat ini memang cukup dominan. Bahkan, beberapa pelatih asal Italia kini juga mulai menuai sukses bersama klub-klub di luar dataran Eropa. Ada Carlo Ancelotti bersama Bayern dan sudah mengoleksi sejumlah gelar bergengsi di luar Italia, kemudian Conte dengan Treble Scudetto bersama Juventus yang sekarang kian dekat dengan Trofi Juara Premier League.

Di Samping itu, musim lalu Claudio Ranieri telah memenangkan titel Liga primer Inggris bersama klub yang sama sekali tidak dijagokan, Leicester City. Jangan lupakan Juga Max Allegri, bersama Juventus, musim ini dia berada di ambang treble winner usai sebelumnya memenangi Scudetto sebanyak dua kali.

Tak heran jika penilaian itupun muncul, dan Roberto Mancini yang dianggap sebagai salah satu manajer Italia sukses juga mengakuinya.

“Tentu saja, saya percaya bahwa negara saya telah menghasilkan ahli taktik yang hebat. Antonio Conte melakukannya dengan sangat baik dengan Chelsea. Meski pun juga harus diakui karena dia mewarisi skuat yang sangat kuat,”

“Kami punya Carlo Ancelotti, Saya dan Claudio Ranieri, Sepertinya [Conte] akan menjadi manajer Italia keempat yang mendapatkan gelar di Premier League (bersama Chelsea),” Demikian kata mantan pelatih Galatasaray tersebut.