Joachim Low Kritik Sistim Baru Piala Euro 2016

Joachim LowMenurut Juru Taktik Timnas Jerman tersebut, format 24 Tim di ajang Piala Euro 2016 ini sejatinya telah menurunkan kualitas kompetisi itu sendiri, yang bersangkutan juga menyoroti wacana FIFA terakait format Piala Dunia 2018 dengan 40 Kontestan.

Joachim Low, manajer Tim Nasional Jerman ini menyampaikan kritiknya terhadap format Piala Euro 2016, terutama terkait dengan ditambahnya kuota kontestan pada babak group, dari yang sebelumya hanya 16 kontestan saja, kini berubah mejadi 24 kontestan. Sebagai informasi, UEFA selaku pihak penyelenggara Euro juga Asosuasi Sepak Bola Eropa memang telah melakukan perubahan terhadap format Kompetisi yang berlangsung sekali dalam empat tahun tersebut untuk edisi tahun ini.

Sebelumnya, atau pada edisi 2012 dan edisi sebelum itu, UEFA sendiri menetapkan 16 peserta saja yang bisa lolos ke fase group, untuk kemudian bertarung memperebutkan tempat di babak 8 besar, hingga ke final. Namun, format berbeda dilakukan pada edisi Euro tahun ini, dimana UEFA menambah kuota fase Group dengan delapan kontestan lagi, atau 20 Kontestan, yang kemudian mengerucut menjadi 16 kontestan di babak gugur.

Memang, dengan sistem yang baru ini, kesempatan semakin terbuka bagi tim-tim yang sebelumnya belum pernah mencicipi kompetisi di putaran final untuk akhirnya lolos dan untuk pertama kali bermain di putaran final, sebut saja Islandia, Hungaria, Slovakia dan yang lainnya. Namun, menurut Low, kebijakan baru itu justru menurunkan kualitas Turnamen tersebut sendiri.

“Menurut saya, 24 tim yang ada di putaran final ini terlalu banyak, apalagi nanti muncul wacana bahwa putaran final Piala Dunia akan diisikan oleh 40 kontestan. Dan mejadi lebih banyak lagi, dan lebih banyak lagi. Menurut saya, itu adalah masalah dalam jangka panjang. Terkadang anda memiliki perasaan bahwa ini sama sekali tidak berdampak baik pada sepakbola, kualitas nya menurun” Kata Low kepada reporter,.

Add Comment