John Obi Mikel Ungkap Alasan Gabung Tiongkok

Dikatakan gelandang berusia 29 tahun tersebut bahwa dia bisa saja memilih bertahan di Chelsea di sisa kontraknya, namun Mikel memikirkan nasib Nigeria yang telah gagal lolos ke ajang Piala Afrika tahun ini, dia tak ingin negaranya juga tak lolos ke putaran final Piala dunia 2018 mendatang.

John Obi Mikel Ungkap Alasan Gabung Tiongkok

Gelandang Internasional Nigeria, John Obi Mikel, akhirnya angkat bicara mengenai alasan sebenarnya dibalik keputusan dirinya meninggalkan Chelsea dan menerima pinangan klub Tiongkok, Tianjin TEDA. Ditegaskan gelandang berusia 29 tahun itu bahwa uang bukanlah prioritasnya merapat ke klub tiongkok.

Seperti diketahui, Mikel memang telah resmi mengakhiri karirnya selama 11 tahun di Chelsea dengan merapat ke salah satu klub Liga Super Tiongkok, Tianjin TEDA pada kesepmatan transfer musim panas tahun ini. Gelandang bertahan asal Nigeria itu sebelumnya diyakini hanya tergiur dengan tawaran gaji mewah yang ditawarkan klub Chinese Super League (CSL) selepas dirinya gagal menjadi andalan pasukan Antonio Conte.

Akan tetapi, dalam wawancaranya bersama dengan Fox Sports, Mikel membantah bahwa uang adalah alasan utama dibalik keputusannya merapat ke Asia Timur melainkan guna menjaga keberlangsungnya dirinya sebagai andalan tim nasional Nigeria.

“Tentu saja, saya bisa dengan mudah bertahan di Chelsea dan menghabiskan sisa enam bulan dalam kontrak saya bersama klub itu, Tapi itu bukan langkah terbaik bagi negara saya, sebagaimana Nigeria masih membutuhkan saya tetap dalam kondisi terbaik untuk babak kualifikasi Piala Dunia 2018.”

“Sebenarnya, ini bukan keputusan yang mudah, tapi saya serius, saya membutuhkan kesempatan bermain lebih banyak agar bisa tampil maksimal bagi Nigeria, sebagaimana kami tak layak untuk gagal meraih tiket ke Piala Dunia setelah kegagalan lolos ke Piala Afrika tahun ini.” Demikian ujar Mikel sebagaimana dilansir Fox Sports.