Klub-klub La Liga Spanyol Sudah Diizinkan Berlatih Lagi

Kementrian Kesehatan Spanyol sudah mengeluarkan izin kepada klub-klub sepakbola La Liga Spanyol untuk menggelar latihan sejak Senin kemarin (04/05) waktu setempat. Ini bisa jadi pertanda bahwa kompetisi mungkin akan digulirkan lagi dalam waktu dekat.

Di sisi lain, kabar ini juga bisa jadi angin segar setelah mendengar informasi resmi beberapa liga top Eropa telah dihentikan. Mulai dari Liga Belgia, diikuti Liga Belanda dan terakhir ada Ligue 1 Prancis yang resmi dihentikan.

Penghentian tersebut tak pelak membuat para penggemar liga lain seperti Serie A, La Liga dan Premier League mulai cemas.

Namun, izin yang diberikan Kemenkes Spanyol kepada klub-klub La Liga untuk berlatih lagi seolah menjadi kabar baik. Tapi tentu saja mereka tidak bisa berlatih begitu saja, ada protokol medis yang harus dilalui demi mencegah hal yang tidak diinginkan.

Dengan kata lain, para pemain, pelatih, staff pelatih dan lainnya yang akan terlibat dalam sesi latihan harus menjalani tes Corona terlebih dahulu. Protokol yang lebih sulit juga bisa dilalui oleh para pemain yang datang dari daerah Zona Merah.

Menanggapi kabar tersebut, Presiden La Liga Spanyol, Javier Tebas tampak begitu semringah. Menurutnya, sepakbola yang bergulir kembali bisa menjadi obat bagi Masyarakat di tengah-tengah pandemi yang mengekang aktivitas mereka.

“Sepak bola juga akan membawa kembali elemen kehidupan yang dicintai warga Spanyol. Keselamatan banyak orang tetap yang paling utama, jadi kami sudah merancang protokol komprehensif untuk menjaga keselamatan semua orang yang terlibat dalam langkah kami memulai La Liga kembali.”

“Ini keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya, tapi kami berharap bisa kembali bermain di bulan Juni dan menuntaskan musim 19/20 pada musim panas nanti,” tandasnya.

Hanya saja, memang belum ada informasi lanjut terkait kapan la Liga Spanyol akan bergulir kembali. Yang jelas, izin untuk menggelar sesi latihan ini adalah pertanda yang mengarah kesana.

Sebelum ini, pemerintah Italia juga memberikan indikasi yang positif. Mereka telah melonggarkan aturan Lockdown menyusul menurunnya angka penyebaran kasus baru di Negara Pizza tersebut.