Perangi Rasisme, CR7 dan Messi Bersatu

kedua pemain terbaik dunia itu ikut memerangi rasisme yang menjadi kampanye UEFA musim ini. Adapun, Selain Messi dan Ronaldo, ada juga Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, Robert Lewandowski, Manuel Neuer, Gareth Bale and Sergio Ramos, Mesut Ozil juga terlibat dalam pesan moral ini.

Perangi Rasisme, CR7 dan Messi Bersatu

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Dua pemain terbaik dunia dalam dua dekade terakhir yang kerap dibanding-bandingkan satu sama lain kini bersatu untuk menjadi salah satu di antara para pemain bintang dunia yang mengatakan ‘tidak pada rasisme’.

Sebagaimana diketahui, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi seperti saling berlomba-lomba untuk mejadi yang terbaik di dunia. Dengan tolak ukurnya adalah Ballon d’Or, trofi pemain terbaik dunia yang diberikan FIFA, sejauh ini Messi masih lebih baik,, dimana pemain Argentina telah mengoleksi Lima trofi, sementara Cristiano Ronaldo berhasil mengemas tiga diantaranya.

Kerap kali, kedua sosok ini dibanding-bandingkan publik sepakbola, padahal, meski mereka memang membela dua klub yang bersebrangan, Real Madrid dan Barcelona, faktanya keduanya sama sekali tidak berselisih satu sama lain.

Nah, dalam sebuah kesempatan, keduanya bekerja sama, Pemain Real Madrid dan Barcelona tersebut dengan bahasanya masing-masing mengatakan pernyataan anti-rasisme dalam video berdurasi 60 detik. Video ini merupakan kampanye dari UEFA untuk melawan rasisme yang masih sering terjadi, khususnya dalam sepakbola.

“Perbedaan sebenarnya adalah sebuah kekuatan, bukan kelemahan. Kami harus mendidik generasi muda, memberikan pemahaman pada mereka bahwa perbedaan adalah hal positif dan untuk merasakan dan mengalami ini semua, mereka bisa ikut menjadi bagian mempromosikan dunia yang penuh perbedaan ini,” demikian kata salah seorang legenda Timnas Belanda dan AC Milan, Clarence Seedorf sebagai ambassador UEFA dalam bidang anti-rasisme.