Quique Setien Belum Meyakinkan, Barcelona Tetap Percaya

Tersingkirnya Barcelona dari ajang Copa Del Rey musim ini membuat publik semakin meragukan kualitas pelatih anyar klub, Quique Setien. Banyak yang menganggap bahwa Barcelona telah salah menunjuk pelatih anyar. Namun, pihak klub justru masih tetap percaya pada manajer tersebut.

Barcelona memang telah resmi memecat Ernesto valverde dari kursi manajer sebagai buntut dari kegagalan di ajang Piala Super Spanyol. Quique Setien kemudian ditunjuk menjadi manajer anyar. Padahal, pelatih berusia 61 tahun itu tak pernah menangani klub besar sebelumnya.

Benar saja, publik tak yakin dengan kedatangan Setien bisa mengubah kondisi Barcelona. Keraguan inipun semakin menjadi-jadi tatkala Raksasa Catalan hanya mengemas tiga kemenangan dari lima pertandingan dibawah arahan sang manajer anyar.

Ironisnya, dua kekalahan tersebut sangat berpengaruh pada Barcelona. Yang pertama, kekalahan dari Valencia, membuat klub tergusur dari puncak klasemen sementara. Sedangkan kekalahan kedua terjadi di markas Athletic Bilbao di babak perempat final Copa Del Rey.

Kekalahan kedua membuat Barcelona tersingkir dari ajang tahunan tersebut. Padahal, selama enam tahun terakhir, Messi dkk selalu mampu menembus babak final, bahkan empat kali juara diantaranya. Kekalahan itu membuat publik mulai bertanya-tanya soal kualitas Setien.

Akan tetapi, Presiden Barcelona mengindikasikan bahwa klub tetap percaya pada sosok berusia 61 tahun tersebut. Dia menilai bahwa kegagalan di ajang Copa Del rey hanya karena faktor ketidak beruntungan.

“Kami punya peluang bersih dan bermain dengan baik. Kami membuat banyak kesempatan dan saya ingin memberi ucapan selamat kepada pemain atas permainannya. Athletic hanya punya satu tembakan tepat sasaran di akhir laga dan memenangkan permainan. Kami pantas untuk lolos, tetapi itu tidak mungkin,” ujar Bartomeu.

Situasinya semakin sulit, seiring dengan cederanya Luis Suarez dan Ousmane Dembele. Ditambah lagi kabar konflik internal yang melibatkan Messi dan direktur olahraga klub, Eric Abidal baru-baru ini. Kisruh internal ini diyakini bisa membuat Barcelona goyah.

Tapi, Bartomeu menegaskan bahwa Barcelona masih bisa membidik gelar La Liga dan Liga Champions Eropa.

“Sekarang kami bisa berfokus kepada La Liga beserta Liga Champions. Bermain seperti itu, saya yakin kesuksesan akan mengikuti,” pungkasnya.