Resmi! Real Madrid Ikut Potong Gaji Pemain

Raksasa La Liga Spanyol, Real Madrid pada akhirnya mengikuti jejak klub-klub Eropa lainnya di tengah pandemi Corona ini. Mereka telah mencapai kesepakatan dengan para pemain untuk pemotongan gaji sebesar 10 sampai 20 Persen.

Wabah Virus Corona memang membuat kompetisi-kompetisi sepakbola di Eropa harus terhenti, tak terkecuali La Liga. Dan karena situasinya belum mereda, tak diketahui kapan aktivitas sepakbola akan kembali bergulir seperti biasa.

Wajar saja, di Spanyol sendiri penambahan kasus COVID-19 terus meningkat secara signifikan dari hari ke hari. Warga Spanyol pun dipaksa melakukan karantina mandiri demi menekan atau meminimalisir angka penyebaran.

Dengan fakta bahwa kompetisi sepakbola telah ditangguhkan, artinya klub otomatis tak bisa mendapatkan pemasukan. Tapi mereka tetap wajib membayar gaji pemain, karena bagaimanapun kontrak terus berjalan.

Situasi tersebut membuat klub-klub merugi, pada akhirnya Barcelona dan Atletico Madrid berinisiatif untuk melakukan pemotongan gaji pemain. Barca bahkan memotong gaji Lionel Messi dkk sampai 70 persen di tengah pandemi ini.

Tak mau ketinggalan dengan Rivalnya, Real Madrid ikut menerapkan kebijakan serupa. Hanya saja besaran pemotongannya berkisar antara 10 sampai 20 persen.

“Pemain dan pelatih tim utama sepakbola dan basket Real Madrid, dipimpin oleh kaptennya, dan didampingi oleh pimpinan klub mencapai kesepakatan untuk mengurangi gaji mereka tahun ini antara 10 sampai 20 persen.”

“sehubungan dengan situasi tertentu yang mungkin akan memengaruhi penutusan musim olahraga 2019/20 saat ini,” tulis pernyataan Madrid.

“Keputusan ini, yang diadopsi pemain, pelatih, dan karyawan, akan menghindari langkah-langkah traumatis yang bisa memengaruhi pekerja lain” lanjutnya.

Apa yang diputuskan oleh Real madrid mungkin sedikit melegakan hati gelandang Jerman, Toni Kroos. Pasalnya, dia tak setuju dengan kebijakan pemotongan gaji pemain seperti ini, kendati tujuannya adalah untuk membantu tenaga medis di tengah ‘perang’ melawan Virus corona.

“Seharusnya itu menjadi opsi bagi setiap orang untuk dipertimbangkan. Saya kira akan lebih baik kalau mendapatkan gaji penuh dan kemudian melakukan hal yang benar dengan itu,” ucap Kroos dalam SWR Sport Podcast.

Real Madrid sendiri berada di peringkat ke-2 pada klasemen sementara La Liga Spanyol sebelum kompetisi ditangguhkan.