Tak Hanya Messi, Pique Juga Sangat Penting Bagi Barcelona

‘Messi Sentris’ demikianlah padanan kata yang tepat untuk menggambarkan Barcelona saat ini. Tapi, selain bintang Argentina, bek Gerard Pique juga dianggap sebagai sosok penting bagi Bluagrana.

Ya, Bek Tim Nasional Spanyol tersebut merupakan salah satu pemegang kontribusi terbesar dalam sukses Barcelona. Terhitung sejak yang bersangkutan kembali dari Manchester United pada tahun 2008 silam.

Hal serupa masih berlaku sampai sekarang. Pique masih sangat penting bagi tim, yang terbukti pada beberapa pekan terakhir.

Sayangnya, kampanye musim ini tak begitu bersahabat bagi kekasih Shakira ini. Paruh petama musim ini dihabiskan karena kontroversi yang sebenarnya tidak penting.

Usianya juga sudah 33 tahun, tidak muda lagi, sehingga muncul keraguan akan kondisif fisiknya musim depan.

Selain itu, Pique juga memperkeruh situasi dengan keputusannya terlibat sebagai penyelenggara Davis Cup, turnamen tenis. November lalu, pada laga kontra Getafe, Pique dengan sengaja mencampur urusan sepak bola dengan bisnis.

Tingkah laku pemain berusia 33 tahun tersebut lantas menyulut Barcelona untuk melayangkan kritikan pedas. Lewat agensi, Blaugrana secara sengaja mengedarkan berita negatif untuk menjatuhkan citra Pique. Tapi, Klub sempat membantah tudingan tersebut.

Ernesto Valverde, pelatih Barca pada saat itu, bahkan sempat mempertimbangkan apakah akan menurunkan Pique sebagai starter pada laga kontra Getafe, menyusul kontroversi yang sudah berkembang terlalu liar di media sosial.

Namun pada akhirnya, sang manajer tetap menurunkan Pique di Sektor Pertahanan. Artinya, memang tak bisa dipungkiri bahwa Pique adalah sosok yang penting bagi Barcelona.

Memang tidak selalu, tapi Pique cenderung tampil impresif pada laga-laga penting. Dia punya kebiasaan memberikan permainan terbaik pada pertandingan besar. Seperti misalnya dalam laga melawan Real Madrid dan Napoli.

Pada intinya, Pique tetap sosok pemain penting bagi Barcelona, terlepas dari kontroversinya lewat kata-kata atau sikap.

Terlebih musim ini, mustahil Barca tetap baik-baik saja seandainya Pique harus menepi karena cedera.
Bek 33 tahun ini sangat penting bagi klub, layaknya Messi yang meski sudah berusia 33 tahun tetap bisa jadi andalan di lini depan.